Senin, 01 November 2010

Sebuah Pelayanan Penyedia Informasi

Penyedia informasi, dalam hal ini perpustakaan, tentu memiliki strategi dan sistem di dalam pelayanannya, agar apa yang tersedia di perpustakaan bisa digunakan secara maksimal oleh para pengguna, baik bagi pengguna di dalam kampus itu sendiri, maupun bagi pengguna di luar kampus.

Sistem yang simpel dan terpadu yang mengedepankan efisiensi bisa saja menjadi satu acuan agar perpustakaan layak dikunjungi oleh banyak pengguna. Selain itu keramahan dan sikap tanggap bagi para pengguna, jika terlihat dari mereka seperti canggung saat masuk ke perpustakaan, dengan menanyakan hal yang diperlukannya. 

Juga ketersediaan koleksi. Baik buku text book, jurnal / majalah dari dalam dan luar negeri. Ketersediaan media telusur yang akurat sebagai media temu kembali untuk koleksi yang ada di perpustakaan.
Namun, untuk hal ini, tentu sangat bergantung pada anggaran masing-masing perpustakaan. Tetapi yang jelas, untuk mendukung pelayanan yang baik tentunya bisa dicover dengan sumber daya manusia yang memadai, yang benar-benar fokus terhadap pelayanannya.

Satu hal yang aku ingat dari setiap seminar yang aku ikuti, ialah untuk menjawab pertanyaan dari para pengguna. Jangan sampai sekali-sekali, petugas perpustakaan mengatakan TIDAK TAHU. Cobalah untuk menjawab setiap pertanyaan dengan berdiplomasi. Lebih halus dan bertanggung jawab, sehingga pengguna bisa memahami apapun yang tersedia di perpustakaan.

Untuk menunjang pelayanan tersebut, jam layanan juga menentukan keleluasaan bagi para pengguna. Mereka bisa lebih berlama-lama ada di perpustakaan untuk melakukan penelitiannya.Ruang audio visual, ruang santai, ruang baca yang nyaman, juga ketersediaan interneet yang cepat untuk mengakses sejumlah koleksi e-journal yang telah dilanggan dari sebuah provider, misalnya. Bukan untuk buka FB dan chatting ria di sana. Tentunya hal ini sudah dibatasi penggunaannya hanya untuk layanan di seputar perpustakaan saja.

Semua yang dilakukan oleh para petugas penyedia informasi, sebagai layanan jasa di bidang pendidikan, tentunya sangat berfokus pada user oriented. Agar para pengguna dalam hal ini para mahasiswa bisa memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal, sehingga mutu lulusannya berkualitas dan mampu berkompetisi dengan lulusan-lulusan lainnya saat ia lulus kelak.

2 komentar:

Penghuni 60 mengatakan...

yg terpenting adalah koleksi dari jenis buku2nya tuh..
semakin koleksinya byk, smakin betah para pembaca

windflowers mengatakan...

yup..koleksi dan jenisnya banyak, dan ditunjang dengan fasilitas lain, misalnya tempat yg nyaman akan membuat para pengunjung betah...:)

Posting Komentar