Selasa, 30 November 2010

Layanan Pembaca : Ujung Tombak Dari Sebuah Penyedia Informasi

Di sebuah perpustakaan, ada beberapa bagian yang mengelolanya. Salah satunya adalah bagian layanan pembaca (sirkulasi). Di bagian ini meliputi peminjaman dan pengembalian buku, perpanjangan masa peminjaman, dan rujukan (referensi).

Di sinilah letak etalase dari sebuah perpustakaan. Karena di bagian inilah letak dari kepuasan para pengunjungnya. Suatu perpustakaan bisa dilihat dari bagaimana melayani para penggunanya. Apakah dia ramah dan informatif, luwes dan cekatan. Hal ini berlaku juga di bidang pelayanan rujukan. Bagaimana dia dapat menjawab setiap kebutuhan para penggunanya dengan mereferensikan apa yang dibutuhkan oleh para pengguna. Kemudian memberi alternatif bagi para pengguna, jika apa yang dibutuhkan oleh mereka tidak tersedia di perpustakaan.
Tentunya, semua ini dilakukan dengan keramahan yang wajar, senyum yang tak berlebihan, dan cara bicara yang jelas dan teratur.

Tak peduli apakah bagian lain berantakan, misalnya bagian pengolahan buku. Untuk bagian pengolahan buku diibaratkan sebagai dapur dari sebuah restaurant. Sedangkan penyajiannya terletak pada bagian sirkulasi atau layanan pembaca. 

Oleh sebab itu, sirkulasi merupakan etalase atau sebuah tempat penyajian, sehingga sangat diperlukan bahwa pelayanan dan hasil dari bagian pengolahan dapat tersaji dengan semenarik mungkin. Dapat dikemas dengan seapik mungkin, agar para pengguna dapat merasakan efek psikologis yang positif dari pelayanan ini.

0 komentar:

Posting Komentar