Kamis, 06 Januari 2011

Dibalik Penelitian Kecil

Sebuah penyedia informasi yang berorientasi pada pengguna, hendaknya selalu mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya dalam hal ini demi tercapainya kepuasan dari para penggunanya.

Tentunya, untuk mencapainya memerlukan upaya secara berkesinambungan. Selain mendengarkan keluhan dari para pengguna melalui kotak saran yang disediakan, sebaiknya penyedia informasi melakukan penelitian kecil yang ditujukan pada para pengunjung, mengenai pelayanan, jam layanan, koleksi, tata ruang, keakuratan data temu kembali, dan lain sebagainya.

Dengan membuat kuesioner ini, paling tidak pengelola penyedia informasi bisa mendapatkan gambaran mengenai seluruh pengelolaannya sehingga dapat lebih mengakomodir setiap kebutuhan dari para pengguna, memperbaiki apapun yang selama ini merupakan kekurangan dari sebuah penyedia informasi, membuat kebijakan baru yang lebih sesuai berdasarkan dari hasil kuesioner tersebut.

Jika dulu, perpustakaan identik dengan keheningan. Tidak boleh ribut dan dimana-mana tertempel tulisan HARAP TENANG. Tetapi setelah dilakukan penelitian kecil, ternyata hasilnya adalah kebanyakan dari pengunjung yang datang ke perpustakaan justru untuk berdiskusi dalam mengerjakan tugas, atau berdiskusi mengenai mata kuliah tertentu, dikaitkan dengan literatur yang ada di perpustakaan, bukan untuk belajar dan membaca, karena mereka beranggapan bahwa buku bisa dibaca di rumah, dengan meminjam buku tersebut, seperti kasus di Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) Depok.

Dengan hasil otentik tersebut, akhirnya pihak penyedia informasi membebaskan para pengunjungnya untuk tidak ribut lagi. Tulisan HARAP TENANG telah berubah menjadi SILAKAN BERDISKUSI ASAL TIDAK MENGGANGGU PENGGUNA LAIN.
Kursi meja studi karel pun telah diubah bentuk menjadi kursi biasa yang lebih memungkinkan untuk mempermudah dalam berdiskusi, tidak sendiri-sendiri lagi, karena para pengunjung jarang pula yang datang ke perpustakaan sendirian. Pasti bersama teman-temannya.
Namun, lebih ideal lagi jika pihak penyedia informasi menyediakan ruangan khusus untuk diskusi. Di sisi lain ruang khusus ini juga harus dicermati agar tidak membatasi para pengunjung yang ingin berdiskusi di perpustakaan.

Dibalik penelitian kecil, perpustakaan akan semakin dicintai oleh para pengunjungnya. Dan keberhasilan di dalam memuaskan para pengunjung adalah tujuan utama dari setiap penyedia informasi di manapun juga.

2 komentar:

Penghuni 60 mengatakan...

hmm, sepertinya ada yg berubah ya ama blog ini, ataw perasaan aku aja.

hmmm
"SILAKAN BERDISKUSI ASAL TIDAK MENGGANGGU PENGGUNA LAIN"
nah, yg ini kesannya lbh ramah kan???

windflowers mengatakan...

sippp..itu karena perubahan jg datang dari luar..hehehe...

udah ga jamannya lagi perpustakaan merupakan tempat yg mencekam...:D

Posting Komentar