Kamis, 11 November 2010

digital library

Dalam upaya memenuhi konsep user oriented, maka penyedia informasi sebagai pusat dokumentasi yang tentunya diperlukan oleh para penggunanya, pengembangan yang sudah sangat wajar dimiliki adalah adanya perangkat digital library.

Di dalam penggunaannya, digital library lebih mudah dan dapat diakses secara online dimanapun para pengguna itu berada. Akses mudah tersebut dapat menjawab berbagai kebutuhan para penggunanya tanpa pengguna harus datang ke perpustakaan, hanya sekedar untuk mencari tahu apakah sebuah perpustakaan mempunyai koleksi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Digital library biasanya mencerminkan berbagai koleksi yang ada di sebuah perpustakaan. Mulai dari buku, jurnal/majalah dalam dan luar negeri, e book, e journal, skripsi, thesis, dan lain-lain.
Akses untuk skripsi dan thesis bisa full text, atau hanya bisa diakses abstraknya saja, tergantung dari kebijakan para pengelola perpustakaan itu sendiri. Biasanya hal ini dilakukan untuk mencegah plagiarisme.

8 komentar:

chikarei mengatakan...

wahh mba...
ada blog baru yaaa^^

Bang NgangaN mengatakan...

wah beruntunglah mantan kampus saya telah menerapkan digital liberary... ternyata keren juga.

windflowers mengatakan...

@chikarei..yup chik..hehehe..ni khusus dunia perbukuan dan pelayanannya..hehe

@bang ngangan...iya bang..emang keren..bs tetep memantau koleksi perpus dari jauh...hehe..kl koleksi perpusnya mendukung kebutuhan kita, baru kita pergi ke perpust..:)

R. Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Dapat berbagi ilmu pengetahuan dan informasi senang sekali dengan tekhnologi ini ya Mba.

Kunjungan perdanaku disini.

Sukses selalu

Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

Afif Amrullah mengatakan...

yupz,tapi gak ada sistem yang sempoa eh sempurna. di kampusku juga menggunakan digital library, tapi sayang bayar mahal hanya untuk softwarenya saja padahal produk dalam negeri ada yang lumayan bagus dan yang terpenting gratis.

DenBaGas mengatakan...

Salam
Maaf OOT
Blog nya ada lagi yach mba'e..
Tetap di admin yg sama kah?
Sukses tuk kedepannya...

Salam kawan

Penghuni 60 mengatakan...

lho, kok ini baru ya mba??
kunjungan pertama nih di blog yg ini...

windflowers mengatakan...

@mas indra..terima kasih mas...:)

@afif amrullah..ya, softwarenya kadang mahal sih mas..tp jika itu dapat menunjang kemajuan dari sebuah universitas, kenapa ga dibeli...? krn hal ini sifatnya utk selamanya..tp bs lebih baik jg, software didapat dari dalam, artinya bikin sendiri jd biaya yg dikeluarkan ga terlalu mahal..:)

@denbagas..yup..adminnya sama koq..:d
thanks..sukses jg bwt kamu, selalu...:)

@penghuni 60..iya..blom lama mas..thanks bwt kunjungannya..:)

Posting Komentar