Rabu, 03 November 2010

Koleksi dan Jenis Bahan Pustaka Mempengaruhi Minat Pengunjung di Sebuah Penyedia Informasi

Di dalam sebuah perpustakaan dalam hal ini sebagai sebuah penyedia informasi yang dibangun dengan konsep user oriented, akan memperhatikan jenis dan koleksi untuk menunjang kebutuhannya.

Pengadaan dari koleksi tersebut bisa dibuka dengan pengusulan dari pengunjung perpustakaan. Tentunya hal ini bisa diterapkan untuk mengetahui sejauh mana sebuah koleksi benar-benar diperlukan oleh para penggunanya, selain dari para pengajarnya.

Namun, tidak menjadi kewajiban bagi pihak perpustakaan untuk memenuhi usulan tersebut. Ada yang harus dikaji lebih jauh lagi bagi penyedia informasi bahwa memang judul dari buku usulannya bukan untuk keperluan pribadi semata, tetapi memang diperlukan untuk menunjang mata kuliah yang diambilnya. Dengan kros cek kepada pengajar mata kuliah tersebut, dan jika dinyatakan diperlukan, pastinya pihak perpustakaan akan menyediakannya. Itupun ada satu tahap seleksi lagi. Jika perpustakaan belum memiliki judul dari bahan pustaka yang diusulkannya, maka perpustakaan akan membelinya. Jadi, tidak semua usulan bisa dipenuhi.

Selain koleksi bahan pustaka, pengusulan ini berlaku pula untuk pengadaan jenis koleksi lainnya misalnya untuk koleksi CD-ROM, jurnal dan majalah. Kan ada tuh, CD-ROM sebagai utama dari sebuah koleksi, bukan sebagai pelengkap. Termasuk di dalamnya jika diperlukan koleksi film. Karena ada satu fakultas yang pengajarannya memerlukan visualisasi, seperti misalnya untuk koleksi Fakultas Filsafat.

Dengan upaya tersebut, diharapkan dapat semakin membuat para pengunjung seolah memiliki rumah kedua atau ketiga sebagai tempat untuk membangun ilmu pengetahuannya.

5 komentar:

Aan mengatakan...

perpustakaan gudang ilmu...saya terbantu dgn koleksi buku2 yg disediakan oleh perpus...
kadang2 sebagai pembaca suka mengeluh dgn buku yg tidak lengkap dan ujung2nya menjelekan kinerjanya.. tp ketidaktauan kita bahwa proses u/ membeli buku2 perpust ada tahap2nya dan tidak sebegitu mudahnya...

informasi yg bermanfaat!!!!

Black Hunter mengatakan...

wahhhh bagus info yaaaa aku juga sering ke perpustakaan di jalan salem

dj-site mengatakan...

kayanya bener tuh.. apalagi klo bukunya tentang bahasa asing semisal jepang kan perlu pake CD tuk tau pengucapannya hhe.... Nice....

aryadevi mengatakan...

salam hangat ^_^, konten yang manis....

windflowers mengatakan...

@aan...wah, terima kasih kl merasa terbantu dengan kiprah perpust..dan terima kasih pula atas pemahaman bahwa pengadaan di perpust memang tidak semudah yang dibayangkan...:)

semoga, perpust2 ini dpt semakin bisa melayani setiap penggunanya dengan lebih baik lagi...:)

@black hunter...thanks..:)oh gitu ya, km sering ke perpust..bgslah, brarti km cinta buku ya..:)

@dj-site...yup, misalnya jg untuk toefl..:)

@aryadevi...thanks mas...:)

Posting Komentar